Perpetual Motion

Perpetual motion, itulah yang dipublikasikan di beberapa media online, youtube dan forum-forum online tentang energi gerak yang “abadi”, terus-menerus, tidak berhenti, sampai ada sesuatu aksi yang memberhentikannya.

Ada juga yang menyebutkannya “free energy”.

Beberapa video yang ditayangkan di youtube, terlepas dari apakah video itu nyata terjadi atau rekayasa belaka, namun yang saya dapatkan dan sudah dipraktekan, malah ada yang sudah dipatenkan oleh orang lain, bahwa gerak itu memang ada, mungkin masih terbatas.  Gerak inilah yang akan menjadi salah satu solusi sebagai energi alternatif.

Energi dari perpetual motion ini merupakan energi kinetik, bisa berupa gerak berputar, lalu dapat dikonversikan menjadi energi listik dan seterusnya.

Video youtube antara lain :

Eksperimen telah banyak juga dilakukan, dan ditayangkan di youtube, namun masih gagal.

Beberapa eksperimen yang secara tidak sengaja, dapat berhasil.

Ada juga hasil rekayasa video saja.

Prototype yang sudah dipatenkan :

Contoh generator tanpa bahan bakar, hanya menggunakan prinsip gerak “looping” :

Saya mencoba untuk membuat rancang bangun perpetual motion ini dengan menggunakan software komputer, namanya Algodoo, untuk gerak “abadi” memanfaatkan gaya berat gravitasi dimana kondisi lingkaran utama dibuat tidak berkeseimbangan, sehingga cenderung untuk jatuh (berputar).

Saya sertakan video youtubenya beserta file yang sudah saya buat untuk dicoba oleh orang lain, apakah benar atau hanya gerak soffware saja.

Link Youtubenya : klik disini.

Saya merasa gembira seandainya ada rekan-rekan yang ingin mencoba dan membuktiannya secara nyata.

Sekian tulisan saya ini, kebetulan bertepatan di bulan Ramadhan ini, terima kasih semoga bermanfaat.

Ikut Gabunglah Bersama Kami.